Blog

Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Apakah Anda menyukai bhs Arab dan berasumsi untuk kuliah di jurusan pendidikan bhs Arab? Tak kudu ragu, yakinlah bahwa pendidikan bhs Arab adalah pilihan yang tepat.

Prospek kerja jurusan pendidikan bhs Arab lumayan bagus. Bukan cuma guru, inilah 6 prospek kerja jurusan Pendidikan Bahasa Arab:

1.     Guru

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab terhadap dasarnya didesain untuk membuahkan pengajar profesional di bidang bhs Arab. Untuk itu prospek utama jurusan ini adalah menjadi guru atau pengajar bhs Arab di MTs/SMP, SMA/MA, pondok pesantren ataupun lembaga-lembaga pelatihan bhs Arab.

Jumlah madrasah yang tersedia di Indonesia ini lumayan banyak. Selain itu, tersedia terhitung SMA/SMK yang terhubung mata pelajaran bhs Arab. Namun, banyak di pada guru pengajar bhs Arab itu yang tidak miliki latar belakang pendidikan bhs Arab.

Banyak jabatan sebagai guru bhs Arab diduduki oleh lulusan PAI. Untuk itu, sebetulnya lapangan pekerjaan sebagai pengajar bhs Arab ini sangatlah luas karena semestinya mata pelajaran bhs Arab diampu oleh para ahlinya yaitu lulusan-lulusan Pendidikan Bahasa Arab.

2.     Penerjemah

Pernahkah Anda membaca buku “La Tahzan”? Buku best seller yang laris manis selama bertahun-tahun itu adalah buku terjemahan berasal dari buku aslinya yang berbahasa Arab.

Coba bayangkan jika Anda sukses menerjemahkan buku berbahasa Arab dan lantas menjadi best seller di Indonesia. Atau sebaliknya, Anda menerjemahkan buku berbahasa Indonesia ke bhs Arab dan buku itu laris manis di timur tengah sana. Berapa pundi-pundi yang akan Anda dapat? Cukup mengundang hasrat bukan?

Selain itu kesibukan menerjemahkan berasal dari bhs Arab ke bhs Indonesia atau sebaliknya adalah pekerjaan yang benar-benar bermanfaat untuk mentransfer ilmu. Banyak sekali kitab-kitab klasik ataupun modern berbahasa Arab yang memiliki kandungan keilmuan yang luas yang menarik untuk diterjemahkan.

3.     Dosen dan Peneliti

Banyak perihal yang menarik berasal dari bhs Arab untuk diteliti baik itu berkenaan linguistik, pendidikan atau berasal dari segi budaya. Dengan dilakukannya penelitian, akan dihasilkan karya-karya akademik yang bermanfaat demi kemajuan pendidikan bhs Arab di Indonesia.

Bagi Anda yang suka meneliti, ini akan menjadi pekerjaan yang menantang. Namun sepertinya, menjadi peneliti lebih diperuntukan bagi lulusan sastra Arab. Untuk menjadi peneliti, lulusan pendidikan bhs Arab kudu menempuh S2 lebih-lebih dahulu. Lalu bekerja menjadi dosen. Menjadi dosen artinya menjadi peneliti terhitung karena tidak benar satu tugas dosen yaitu melakukan penelitian.

4.     Penulis

Jika Anda suka menulis dan karya-karya Anda benar-benar nikmat untuk dibaca. Akan menjadi nilai and jika Anda dapat berbahasa Arab. Anda dapat membuahkan tulisan-tulisan berbahasa Arab.

Dan bagi yang belum mempunyai kebolehan menulis buku bersama dengan bhs Arab yang baik. Anda masih dapat menulis buku-buku berkenaan bhs Arab seperti kamus bergambar, kamus arti sains bhs Arab, kamus arti linguistik bhs Arab, buku ajar bhs Arab untuk sekolah, dan lain-lain.

5.     Bekerja di Instansi Pemerintah

Pada penerimaan CPNS th. 2019. Jabatan sebagai pranata hubungan masyarakat Kementerian Agama dapat diisi oleh lulusan pendidikan bhs Arab lho. Sayangnya, terhadap penerimaan CPNS th. 2021, formasi selanjutnya tidak dapat diisi oleh lulusan S1 PBA. Akan tetapi, terhadap penerimaan CPNS th. 2021, tersedia formasi sebagai Auditor di Inspektorat Kementerian Agama yang dapat diisi oleh lulusan PBA.

Berdasarkan perihal tersebut, terhadap penerimaan CPNS yang akan datang, tersedia barangkali akan tersedia formasi tak hanya guru yang dapat dilamar oleh lulusan S1 pendidikan bhs Arab.

6.     Mendirikan Lembaga Kursus Bahasa Arab

Selain menjadi guru di madrasah atau sekolah, Anda terhitung dapat terhubung sendiri lembaga kursus bhs Arab, mendirikan kampung bahasa, atau terhubung sekolah bahasa arab . Dengan mendirikan lembaga kursus ini, Anda terhitung dapat menciptakan lapangan pekerjaan.