Blog

Ragam Jenis Dump Truck dan Fungsinya

Dalam bidang pekerjaan konstruksi, tersedia banyak sekali jenis alat berat yang digunakan. Salah satu jenis alat berat yang kerap dijumpai adalah dump truck.

 Alat berat satu ini digunakan untuk memindahkan material di dalam jarak yang menengah sampai jauh. Tipe dari alat berat yang satu ini ternyata begitu beragam, kali ini bakal dibahas apa saja jenisnya lalu apa fungsinya di dalam bidang konstruksi yang ada di tempat Jual Dump Truck.

1. Rear Dump

Tipe pertama tersedia rear dump yang dibagi lagi menjadi dua jenis yakni rear dan tractor wagon. Tipe rear lebih kerap digunakan daripada jenis tractor wagon karena diamati dari faktor kekuatannya jauh lebih baik dari jenis wagon. Hanya saja pemakaiannya barangkali masih sangat terbujuk oleh kebutuhan dan kondisi lapangan.

Alat berat ini dipakai untuk memindahkan barang atau material dari satu tempat ke tempat lain. Umumnya jenis material yang diangkut berupa tanah dan pasir kering. Untuk jenis material batu atau material lain yang berpotensi merusak, dibutuhkan lapisan alas yang lumayan kuat.

Tipe truk ini memiliki bak yang dapat berisi material seberat 25 sampai 250 ton.

2. Side Dump

Berikutnya tersedia jenis side dump yang manfaatkan rancangan pengangkutan barang melalui sisi samping bak. Jenis truk ini juga sangat kerap digunakan di bidang konstruksi.

 Desain pengangkutan barang yang dijalankan dari sisi samping menyebabkan truk ini dapat bekerja secara efisien. Hanya saja sebenarnya dibutuhkan ketelitian ekstra lebih-lebih ketika dijalankan pembongkaran muatan.

Saat pembongkaran, perlu sekali untuk menyimak distribusi material di di dalam bak. Jika tersedia kelebihan material di satu sisi, maka truk dapat terguling dan pastinya bakal berakibat fatal. Meskipun membutuhkan ketelitian tinggi, namun truk ini sangat fleksibel.

Cocok sekali digunakan untuk pekerjaan konstruksi yang dijalankan di wilayah bersama dengan lahan terbatas.

3. Bottom Dump

Jenis dump truck berikutnya didesain bersama dengan akses pengangkutan dari anggota bawah bak. Tipe ini dikenal bersama dengan nama bottom dump.

Bagian bawah dari bak memiliki akses yang dapat dibuka dan ditutup. Pintu selanjutnya digerakkan bersama dengan manfaatkan mesin hidrolik dan bakal menjadi hanya satu akses pengangkutan material.

Umumnya jenis truk ini dipakai untuk mengangkut material yang berupa lepas. Seperti tanah, batuan sedimen, pasir, kerikil, dan lain sebagainya.

Uniknya, pembongkaran muatan terhadap truk jenis ini dijalankan selagi posisi truk tengah bergerak.

4. On Highway

Ada pula jenis truck on highway yang memiliki beban muatan maksimal 20m3. Truk jenis ini dibekali bersama dengan roda penggerak yang tersedia di anggota depan. Roda penggerak selanjutnya dikenal juga bersama dengan nama four wheel drive.

 Namun terhadap sebagian jenis truk, ditemukan ada roda penggerak yang diposisikan di anggota belakang. Jenis ini dikenal bersama dengan nama rear wheel drive.

5. Off Highway

Berikutnya tersedia jenis truk off highway yang muatannya jauh lebih besar dari jenis on highway. Tipe truk ini memiliki manuver yang baik dan tingkat kekokohannya jauh lebih tinggi daripada jenis on highway.

Namun jenis ini memiliki desain loading height yang tinggi supaya lumayan susah untuk melaksanakan pemuatan. Secara keseluruhan, susunan truk ini sangat kokoh dan tangguh.

Itulah tadi ragam jenis dump truck yang biasa ditemui di dalam wilayah bidang konstruksi. Tentunya jenis truk yang dipakai perlu sesuai bersama dengan kebutuhan dan lokasi.

Selain itu kapasitas dari truk juga bakal sangat berpengaruh terhadap jenis truk yang bakal digunakan. Semua jenis truk ini perlu dioperasikan oleh profesional demi menjamin keamanan orang-orang yang bekerja di wilayah konstruksi.